MENUJU ORGANISASI KLUB STROKE YANG LEBIH MANDIRI DAN LEBIH BERARTI

MENUJU ORGANISASI KLUB STROKE YANG LEBIH MANDIRI DAN LEBIH BERARTI

Dideffinisikan secara sederhana, Organisasi adalah sekelompok orang yang bergabung atau berhimpun untuk melakukan kegiatan dalam rangka mernenuhi kehutuhan kelompok tersebut guna mencapai tujuan tertentu. Jadi, didalam orqanisasi harus ada sekelompok orang, ada kebutuhan yang sama, ada tiujuan yang sama serta yang lebih penting adalah, adanya kegiatan.
Mengapa faktor kegiatan menjadi ebih penting dalam suatu organisasi?
Menghimpun sekelomompok orang dengan kebutuhan dan tujuan sama, sekalipun bukan merupakan pekerjaan yang mudah, barang kali juga bukan merupakan pekerjaan yang terlalu sulit, namun mengimplementasikan tujuan yang sama tersebut dalam suatu kegiatan, adalah hal lain yang berbeda sama sekali bahkan dianggap sebagai pekerjaan yang tidak sederhana.
Untuk melaksanakan suatu kegiatan dibutuhkan perencanaan yang matang, pelaksana yang handal, anggaran biaya yang memadai, dan sebagainya. Oleh karena itu, effektif tidaknya organisasi dapat diukur dari ketersediaan sumberdaya serta frekwensi kegiatan dai organisasi tersebut, sedangkan effisien tidaknya suatu organisasi dapat diukur dan tingkat ke mandirian serta kwalitas kegiatan dari organisas tersebut.
Sebuah organisasi Klub Stroke yang sangat terbatas ketersediaan surnberdayanya baik sumber daya manusia, sumberdaya dana maupun surnberdaya sarananya biasanya sangat terbatas pula frekwensi kegiatannya, atau bahkan dapat terjadi nyaris tidak mempunyai kegiatan apa-apa.
Organisasi Kftib Stroke yang sedemikian itu adalah organisasi stroke yang tidak effektif, atau dalam istilah kasarnya dikatakan sebagai Klub Stroke yanq setengah mati, atau Klub Stroke yang dalam keadaan “collapse”, yang akan bubar atau gulung tikar apabila dibiarkan begitu saja.
Bantuan apa sebaiknya yang dapat diberikan terhadap Klub Stroke yang dalam keadaan sedernikian itu?
Klub Stroke tersebut harus memperoleh bantuan dalam hal rneningkatkan ketersediaan sumberdaya-nya (khususnya sumberdaya manusianya) serta mendapatklan stimutasi atau rangsangan tertentu untuk mernulai dengan kegiatan rutin yang ringan-dulu.
Dan hal mi akan menjadi tanggung-jawab Forum Kerja Sama Klub Stroke yang sudah terbentuk, daripada menyalahkan institusi lain, misalnya Yayasan Stroke Indonesia (YASTROKI).
Dengan demikian, sebuah organisasi Kiub Stroke yang effektif adalah Klub Stroke yang mempunyal ketersediaan sumberdaya yang memadai (sumberdaya manusia, sumberdaya dana, sumberdaya perangkat keras maupun lunak dan sebagainya) serta mampu melaksanakan sejumlah kegiatan rutin maupun kegiatan periodik.
Dan lebih tinggi lagi tingkatnya adalah sebuah organisasi Klub Stroke yang effisien yaltu Klub Stroke yang lebih mandiri serta lebih sistimatis dalam mencari serta menyediakan sumberdaya yang memadai serta mampu melaksanakan agenda kegiatan yang lebih berkwalitas atau lebih berarti khususnya bagi insan pasca stroke.
Semoga.

This entry was posted in OPINI. Bookmark the permalink.

4 Responses to MENUJU ORGANISASI KLUB STROKE YANG LEBIH MANDIRI DAN LEBIH BERARTI

  1. supriyadi marsan says:

    yang diperlukan club stroke slah satu adlh mencari solusi bagi upaya pemulihan stroke yg efektif,aman,proses cepat dan hemat dlm biaya dan waktu hgg bisa sehat dan normal kembali dlm menjalani kehidupan seperti sediakala.coba hub yaditerapi@yahoo.co.id

  2. supriyadi marsan says:

    kasihan ya bagi IPS yg mau sembuh.krn begitu rumitnya hal yg harus dilakukan dan begitu sangat mahalnya biaya yg hrs dikeluarkan utk semua itu.Bersatulah dlm wadah jk telah terdaftar 2o IPS utk program sebulan msg-msing
    5x terpi dan ada yg menyediakan tmp utk itu dptlah menghub saya di: yaditerapi@yahoo.co.id atw 04313399557 atw087846688366.Anda cukup daftar saja diemail ini utk mengatur jdwlnya dan saya dibayar bila sudah kerja.utk ongkos berangkat kejakarta bisa saya talangi sendiri.Bagi yg mengimani ALLAH dan RASULULLAH

  3. Eko says:

    mas… saya siap bantu juga untuk Stroke hub 085880857530 / 081318500112 ( eko)

  4. prasetyo says:

    ayo ngadain kegiatan lagi pak..aku jd volunternya mau lho..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s