CRPD-CONVENTION ON THE RIGHTS OF PERSONS WITH DISABILITY

CONVENTION ON THE RIGHTS OF PERSONS WITH DISABILITY
Konvensi PBB tentang Hak Penyandang Cacat (CRPD)
Disarikan oleh : Windu Hernowo-
Wakil Ketua LSM HIMPUNAN PEDULI STROKE

Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Konvensi tentang Hak Penyandang Cacat (CRPD) diadopsi oleh Majelis Umum PBB pada 13 Desember 2006 dan mulai berlaku pada tanggal 3 Mei 2008.

Tujuan dari Konvensi ini adalah untuk mempromosikan, melindungi dan menjamin penikmatan penuh dan setara dari semua hak asasi manusia dan kebebasan mendasar semua orang penyandang cacat, dan untuk mempromosikan penghormatan terhadap martabat mereka.

Konvensi ini diadopsi sebagai respon terhadap fakta bahwa walaupun pre-konvensi hak asasi manusia yang ada menawarkan potensi besar untuk mempromosikan dan melindungi hak-hak penyandang cacat, potensi ini tidak sedang disadap. Orang-orang penyandang cacat terus ditolak hak asasi manusia dan disimpan di pinggiran masyarakat di semua bagian Dunia. Konvensi ini menetapkan kewajiban hukum pada Negara untuk mempromosikan dan melindungi hak-hak penyandang cacat. Ini juga merupakan respon terhadap tantangan pembangunan diabaikan; sekitar 10% dari populasi dunia adalah penyandang cacat (lebih dari 650 juta orang), sekitar 80% di antaranya tinggal di negara berkembang.

Prinsipnya Konvensi mengakui bahwa penyandang cacat memiliki hak yang melekat, dan bahwa mereka mampu mengklaim hak-hak dan membuat keputusan untuk hidup mereka berdasarkan persetujuan mereka bebas dan informasi serta sebagai anggota masyarakat yang aktif.

Sampai saat ini Konvensi telah 144 penandatangan dan telah diratifikasi oleh 82 negara.

Sebagian Insan Pasca Stroke adalah penyandang disabilitas dengan derajat kecacatan yang berbeda. Pertanyaannya adalah : Apakah sebagai organisasi yang menggunakan nama Stroke dan menaungi Insan Pasa Stroke anggauta LSM ini, kita akan mendukung dan mensosialisasikan ?

Menurut saya banyak anggota yang menaruh lebih banyak harapan terhadap LSM-HIMPUNAN PEDULI STROKE, kita selayaknya menjadi pendukung nomor satu dan mensosialisasikan CRPD ini kedalam dan keluar.

Di Indonesia :

Puji syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Besar, berkat kegigihan perjuangan para penyandang disabilitas, Rabu, 12 Oktober 2011, Komisi VIII DPR RI secara resmi telah menyetujui rativikasi Convention on The Rights of Person with Disabilities (CRPD)- konvensi hak-hak penyandang disabilitas—untuk disahkan menjadi Undang-Undang.

Persetujuan diberikan dalam rapat kerja Komisi VIII DPR RI, yang dihadiri oleh Menteri Luar Negeri, Menteri Sosial, dan Direktur Hukum dan Publikasi Kementerian Hukum dan HAM. Beberapa wakil komunitas penyandang disabilitas juga turut hadir menyaksikan jalannya rapat kerja ini.

Ini adalah momentum penting. Sejarah membangun peradaban di Indonesia mengalami kemajuan, dengan dirativikasinya konvensi hak penyandang disabilitas.

Namun, tentu ini saja belum cukup. Pengesahan konvensi ini menjadi Undang-Undang, harus diikuti dengan langkah-langkah kongkrit berikutnya.

Membangun sistem jaminan sosial yang komprehensif bagi penyandang disabilitas, alokasi anggaran yang cukup, penyediaan fasilitas dan layanan khusus yang dibutuhkan, mengakselerasi peran serta seluruh komponen masyarakat, perubahan paradigma menyikapi keberadaan penyandang disabilitas, bukan sebagai obyek tapi sebagai subyek yang memiliki hak dan kewajiban berpartisipasi penuh dalam kegiatan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, dan sebagainya.

Masyarakat harus dibangun menjadi masyarakat yang inklusif yang mengakomodasikan pelbagai perbedaan, bebas hambatan dan berdasarkan atas hak.

Perjuangan masih panjang. Diperlukan penyatuan energi untuk menapaki perjuangan ini. Kita semua harus berperan sesuai dengan kapasitas masing-masing; sebagai orang tua, kakak/adik, paman/bibi, eyang, supir angkot, petugas bank, kru kabin pesawat terbang, guru/dosen, birokrat, anggota parlemen, menteri, politikus, presiden dan wakil presiden, dan sebagainya.

Mari membangun Indonesia menjadi bangsa yang lebih beradab dengan memiliki kemampuan untuk menghargai, melindungi, dan memenuhi hak para penyandang disabilitas.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s