Tahun 2020, Penderita Stroke Meningkat 2 Kali 

Tahun 2020, Penderita Stroke Meningkat 2 Kali
Angka kejadian stroke di Indonesia meningkat dengan tajam. Bahkan saat ini Indonesia merupakan negara dengan jumlah penderita stroke terbesar di Asia, karena berbagai sebab selain penyakit degeneratif, dan terbanyak karena stres. Ini sangat memprihatinkan mengingat Insan Pasca Stroke (IPS) biasanya merasa rendah diri dan emosinya tidak terkontrol dan selalu ingin diperhatikan.
Angka kejadian stroke di Indonesia meningkat dengan tajam. Bahkan saat ini Indonesia merupakan negara dengan jumlah penderita stroke terbesar di Asia, karena berbagai sebab selain penyakit degeneratif, dan terbanyak karena stres. Ini sangat memprihatinkan mengingat Insan Pasca Stroke (IPS) biasanya merasa rendah diri dan emosinya tidak terkontrol dan selalu ingin diperhatikan.

Apabila tidak ada upaya penanggulangan stroke yang lebih baik maka jumlah penderita stroke pada tahun 2020 diprediksikan akan meningkat 2 kali lipat. Oleh karena itu upaya Global yang bertaraf Internasional perlu dilakukan untuk melawan ancaman stroke yang mendunia. Kata Ketua Umum Yayasan Stroke Indonesia Pusat Laks TNI (Pur) Sudomo.
Atas dasar hal-hal tersebut di atas maka Yayasan Stroke Indonesia bersama jajarannya merasa terpanggil bersama-sama seluruh masyarakat Mencanangkan Hari Stroke Dunia, sehingga kami harapkan kepada seluruh jajaran Pemerintah khususnya Depkes bersama-sama Lembaga Swadaya Masyarakat dan seluruh lapisan masyarakat peduli stroke, dapat berperan secara aktif terhadap penanggulangan stroke di Indonesia.
Pada periode 2006 ke depan Yastroki mempunyai:
– Visi: menjadi Lembaga Swadaya Masyarakat yang profesional dan mandiri dalam menanggulangi stroke di Indonesia, sehingga dapat menurunkan insiden dan dampaknya.
– Misi: Mengembangkan usaha promotif dan preventif untuk mengurangi risiko terkena stroke, bagi masyarakat yang belum pernah terserang stroke, melalui konsultasi dan penyuluhan serta. Menyosialisasikan langkah-langkah penyelamatan darurat pada awal terhadadugaan stroke, mendorong dan berpartisipasi dalam menyediakan sarana-sarana pelayanan penanggulangan stroke.
Sementara itu dr Herman Syamsuddin, SpS, AMARS, Ketua Yayasan Stroke Indonesia (Yastroki) DKI Jakarta mengatakan, biasanya para IPS merasa kondisi tubuhnya yang cacat ini menyebabkan mereka tidak berdaya dan merasa perlu dibantu oleh anggota keluarga lain, bila tidak diberikan semangat mereka selamanya akan bergantung dengan anggota keluarga lain dan tidak mandiri.
Karena itulah dalam rangka Hari Ulang Tahun ke 13 Yastroki DKI dan Peringatan Hari Stroke Sedunia ke 3 Yastroki DKI menyelenggarakan acara di TMII Jakarta untuk membuat para IPS ini merasa mendapat perhatian, merasa hidup dalam lingkunganya yang senasib.
“Dari perayaan inilah pengurus Yastroki DKI Jakarta akan menanamkan kepada mereka untuk dapat hidup mandiri, karena pada dasarnya para IPS dapat melakukan segala sesuatu sendiri setelah melalui tahapan rehabilitasi dan latihan teratur. Kita gunakan kepercayaan diri mereka, untuk dapat melakukan segala sesuatu sendiri,” katanya.
Saat ini yang memprihatinkan adalah meningkatnya kasus-kasus stroke pada usia muda yang diakibatkan adanya penyakit kalainan jantung bawaan, terutama kerusakan pada klep jantung, sehingga aliran darah yang menuju otak terhambat, sehingga terjadi serangan stroke.
Seperti yang dialami Syarifah Aulia, siswi kelas III SD ini sejak bayi mengalami kelainan jantung dan tidak boleh capek. Dua bulan lalu ia mengalami koma selama enam hari.
Menurut ibunya, Ny Diah, darah putrinya mengental, karena ah Hb-nya mencapai 22-23, padahal normalnya 12-14 untuk perempuan, yang kemudian terjadi sumbatan di otak kiri, akibatnya organ tubuh sebelah kanan mengalami kelumpuhan serta bibirmya sempat mencong.
“Alhamdulillah sekarang anak saya sudah bisa berjalan, meski kalau berjalan agak jauh harus dibantu dengan kursi roda. Juga sudah bisa bicara meski agak tersendat,” tutur Ibunya.
Dr Herman mengatakan, Stroke adalah gangguan saraf yang menetap. Penyebabnya adalah kerusakan pembuluh darah di otak. Serangan itu berlangsung selama 15-20menit. Orang menyebutnya sebagai serangan otak dan identik dengan serangan jantung. .
Tercatat 80 persen pasien stroke perdarahan disebabkan hipertensi dan 20 persen karena adanya kelainan pembuluh darah di otak sejak dini/ lahir (AVM) dan pecah saat bertambah usia. Dengan adanya pergeseran usia serangan stroke ke arah yang lebih muda penyebabnya adalah perubahan pola makan danm gaya hidup.
Lihat saja anak anak SD-SMP perkotaan masa kini yang lebih suka mengonsumsi Junk food yang penuh kolestrol dan trigliserid, sehingga sering kita lihat dari 10 anak 6 diantaranya mengalami kegemukan (Obesitas). Akibatnya pada usia produktif, mereka akan terkena berbagai penyakit pembuluh darah stu diantarnya stroke.
Untuk menekan jumlah penderita stroke, kata Herman, sebelum kita menggiatkan kembali klub stroke berbasis masyarakat, kita harus perhatikan dahulu para IPS agar mereka mandiri, baru kita sosialisasikan kepada masyarakat. RIS

This entry was posted in UMUM. Bookmark the permalink.

2 Responses to Tahun 2020, Penderita Stroke Meningkat 2 Kali 

  1. supriyadi marsan says:

    jk ada metode diagnosa dan pencegahan ,pemulihan thdp pasien stroke yg aman prosesnya cpt dan murah bgh anda pakah bpk dan ibu mau utk mejln?saya siap jk diujidan dituntut pembuktian dr segi ilmu dan hsl pemulihannya.dgn karunia Allah swt dan dgn izinNya kt dpt bersma-sma memulihkan ips stlh pasca strok 3 bln dlm 3bln kemudian dpt pulih!!!
    untuk sharing dpt menghbi 081933991355 dan 04313399557 jgan berputus asa.Insya Allah kt dpt bertm stlh lebaran tahun ini krn sy akan hijrah kejkt,utk menunaikan amanah yg diberikan pd saya(diuji) untuk diberikan pd manusia”rahmatan lil alamien.

  2. Pak Dr. herman…setuju banget… “kita harus perhatikan dahulu para IPS agar mereka mandiri”…namun fakta menunjukan bahwa strok >90% terjadi diluar rumah sakit (dirumah atau tempat beraktifitas) tentu ada hal penting lain yg perlu diketahui masyarakat yaitu sikap orang di dekat korban/penderita stroke mendadak !!!…apa yg mereka harus perbuat?, ditunggu tulisan selanjutnya.
    Tks, penggagas komunitas peduli orang sehat towards safe community

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s