Studi Stem Cell pertama pada Manusia

Sumber :Kalbe.co.id

Sebuah terapi yang dikembangkan di UC Irvine yang membuat tikus lumpuh berjalan kembali akan menjadi sel punca (stem cell) embrionik pertama yang uji pada manusia.

US FDA telah menyetujui terapi ini, yang didasarkan pada hasil kerja tim peneliti pimpinan Hans Keirstead, direktur UCI Sue and Bill Gross Stem Cell Research Center, untuk uji klinik pasien-pasien dengan kerusakan saraf sumsum tulang akut. Geron corp. yang akan melakukan uji klinik ini. Keirstead mengatakan bahwa trial ini disetujui setelah uji keamanan mendalam dan konsultasi dengan para ahli sel punca.

Terapi mengandung sel-sel punca embrionik yang akan menjadi sel-sel saraf spinal disebut oligodendosit. Sel-sel ini membangun mielin, pembungkus biologis serabut saraf yang sangat pentung dalam mempertahankan konduksi listrik dalam sistem saraf pusat. Ketika mielin dihilangkan, akibat kecelakaan atau penyakit, terjadilah kelumpuhan (paralisis).

Keirstead dan koleganya Dr. Gabriel Nilstor, mengembangkan teknik pengambilan sel-sel punca embrionik manusia untuk dikembangkan menjadi sel-sel oligodendrosit. Sel-sel prekursor yang disuntikkan ke dalam tikus dengan cedera saraf tulang belakang, berubah menjadi oligodendrisit dan berpindah ke tempat cedera. Sel-sel tersebut melapisi saraf yang rusak, mielin baru terbentuk sehingga mengalirkan kembali konduksi listrik dan tikus dapat berjalan kembali. Kesuksesan ini dipublikasikan di dalam Journal of Neuroscience tahun 2005 dan diberitakan oleh sejumlah media dan TV.

Menurut Geron, pasien-pasien untuk trial fase pertama harus punya kerusakan saraf tulang belakang tipe tertentu dan mau menerima suntikan selama 7-14 hari setelah cedera. Geron telah memilih 7 pusat medis di Amerika yang akan berpartisipasi di dalam studi ini.

Univeristy of California (UCI) mempunyai program penelitian sel punca yang padat dan menerima lebih dari 52 juta dolar dari California Institute for Regenerative Medicine. Para ilmuwan UCI adalah pioner-pioner dalam bidang regenerasi, produksi skala besar sel-sel khusus sangat murni dan metode-metode untuk penanganan kerusakan jaringan.

Saat ini, UCi sedang mendirikan gedung untuk penelitian sel punca. Saat selesai dibangun tahun 2010, bangunan tersebut akan menjadi pusat sel punca, ratusan peneliti klinis dan laboratorium, kursus teknis sel punca, program master bioteknologi bidang penelitian sel punca dan program-program serta aktivitas untuk pasien dan edukasi masyarakat.

This entry was posted in UMUM. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s