UI Akan Bangun Rumah Sakit Pusat Penanganan Stroke

UI Akan Bangun Rumah Sakit Pusat Penanganan Stroke

Depok (ANTARA News) – Universitas Indonesia (UI) akan membangun rumah sakit beraraf internasional, dengan dana bantuan Jepang, di lingkungan kampusnya di Depok, Jawa Barat, yang nantinya dijadikan sebagai pusat penanganan stroke.RSUI akan menjadi Brain and Neural Center atau pusat riset dan perawatan otak dan syaraf,” kata Rektor Universitas Indonesia (UI), Prof Gumilar Rusliwa Somantri usai acara Halal Bihalal di Balairung, Kampus UI, Depok, Rabu.

Menurut rencana, pembangunan RSUI seluas 20 hektar itu akan dimulai pertengahan tahun 2008 dengan dana sekitar 200 juta dolar AS. Dalam dua tahun, RSUI akan berdiri dan beroperasi, dan pada tahun 2011 Fakultas Kedokteran yang ada di Salemba akan pindah ke Depok.

“Nantinya Fakultas Kedokteran akan pindah, dan di Salemba hanya untuk program pasca sarjana,” jelasnya. Menurut rektor UI, dengan peralatan modern RSUI nantinya akan mampu dengan cepat dan akurat menangani kelainan pada otak dan syaraf. Pembangunan rumah sakit tersebut merupakan fase pembangunan kampus UI Depok ke-3 dan ke-4. Setelah pada fase 1 dan 2 dengan mengembangkan ilmu-ilmu sosial.

Ia mengatakan nantinya rumah sakit berstandar internasional tersebut bukan hanya sebagai pelayanan bagi perawatan orang sakit, tapi juga akan dijadikan tempat pendidikan dan riset untuk mengembangkan ilmu pengetahuan di bidang kedokteran. Rumah sakit tersebut akan dibangun di sekitar Fakultas Kesehatan Masyarakat dan Fakultas Ilmu Keperawatan.

“Letaknya tidak jauh dari jalan tol, sehingga akses ke rumah sakit tersebut lebih cepat dan mudah,” jelasnya. Rumah Sakit UI, kata Gumilar juga akan menjadi pusat layanan bagi warga Depok yang membutuhkan pengobatan, sehingga nantinya juga akan meringankan warga Depok dalam memperoleh pelayanan kesehatan.

Keberadaan rumah sakit di Kota Depok sangat dibutuhkan karena dari sekitar 1,4 juta jiwa penduduk Depok, rumah sakit hanya mampu menampung 900 tempat tidur. “Ini sangat tidak masuk akal, jadi pembangunan rumah sakit tersebut memang sangat diperlukan,” demikian Gumilar.(*)

Copyright © 2007 ANTARA


Akan sangat bagus bila dilibatkan masyarakat pasca stroke yang masih berpotensi untuk mewujudkan hal ini
This entry was posted in UMUM. Bookmark the permalink.

11 Responses to UI Akan Bangun Rumah Sakit Pusat Penanganan Stroke

  1. Cucumu says:

    Lho mbah,
    Kok pasca stroke dilibatkan apa nggak ribet to….??

  2. Simbah says:

    Tunggu dulu to le…,
    maksudnya dilibatkan itu yaa nggak harus ikut macul,ato angkat2 batu bata gitu………,

    tapi hanya pemikirannya awal saja, lha seperti paklikmu itu dulu kan direktur, dan setelah stroke kan kaya wong ora kanggo ngono to…?

    Dan paklikmu itu masih bisa mikir njero lho…. aja dikira…………

  3. Heru Subagyo says:

    Setuju sama simbah, Saya seorang karyawan yang punya boss sebut saja namanya pak S,yang 1 tahun yl. juga terkena stroke. Padahal boss saya itu orangnya baik dan jujur banget…….

    Memang saya diangkat untuk menggantikan beliau karena strokenya,namun saya merasa sangat kehilangan ditinggal kawan diskusi dan boss saya itu.

    Kira2 6 bulan yl, perusahaan mengalami masalah pelik dan serius sehingga bisa mengakibatkan pembatalan seluruh kontrak pekerjaan yang sudah kami menangkan pada tender sebelumnya. Akhirnya setelah buntu saya datang ke rumah mantan boss saya yang stroke itu dan berdiskusi hingga jam 11 malam.

    beliau terlihat sangat senang dan menikmati diskusi kami, tanpa menunjukkan tanda2 kelelahan. Terlebih lagi hasil akhir diskusi atas permasalahan kantor kami sangatlah luar biasa dan tentunya kami aplikasikan sebagai keputusan direksi dan kami terbebas dari masalah yang ada… dan dipercaya untuk meneruskan kontrak yang ada hingga selesai…………….

    Terima kasih tuhan, terima kasih pak S…………….

  4. Humvee says:

    UGM kapan… contoh UI doonk…

  5. prim says:

    Kalau aku setuju aja, masalah nya stroke sekarang ini merupakan suatu penyakit yang ditakuti oleh semua orang. Jadi dengan adanya RS Stroke tersebut penanganan pasien akan lebih cepat.

  6. Paman Dul says:

    Hemm, bagus, bagus. Mudah mudahan yang bertambah pasiennya bukan orang tua mahasiswa yang karena sekarang biaya sekolahnya makin berat.

  7. Inda says:

    Adik saya tanggal 1 Juni 2008 lalu dioperasi karena terjadi perdarahan di otak. Yang di operasi bagian kepala sebelah kiri bawah. Mengalami koma selama 2 minggu, dan dirawat di rumah sakit selama 1,5 bulan. Setelah itu boleh dibawa pulang oleh dokter yang mengoperasinya. Kurang lebih 3 minggu lalu adik saya mengalami kejang-kejang, setelah dibawa ke RS, menurut dokter tidak apa-apa, karena katanya 15% pasien yang melakukan operasi otak ini memang mengalami itu. Namun semalam (21 Juli 2008) adik saya tsb bicaranya jadi ngaco (ingin jadi petani mangga lah, trus katanya ada anak kecil 7 orang di rumahnya, dsb). Mohon penjelasan, mengapa hal ini bisa terjadi? terima kasih.

  8. iaiasss says:

    knappa hruss taun 2011 ??
    knappa gag dry dullu” ??
    dry skrg deyy.
    hhee..
    smogga keinginan UI yg sattu inni bs trwujud dgn segerra&pasty!
    amien..

  9. supriyadi marsan says:

    inti dari stroke itu adlah sirkulasi darah pd satu bagian tbh tdk berjalan lagi dan jalan keluarnya adlah bgmn mengembalikan sirkulasi jln itu normal kembali.jk sdh jelas sebenarnya jln keluarnya dimudahkan,but maslhnya yg tahu caranya itu hrs ada manusiannya.simpel bukan berarti mudah krn saya hrs menghidupkan kembali sirkulasi drh dan kerja jaringan jantung,dan ginjal tapi BI IZDNILLAH bisa.maslhnya percaya ataw tidak bapak ibu sekalian…?

  10. supriyadi marsan says:

    bgmn kalo para profesor sharing ama kami terapis utk mencari tahu apakah pengetahuan yg kami miliki sesuai dan dapat membantu ips?apakah disiplin ilmunya ada dan masuk akal serta bagaimana dengan tindakan pemulihannya!Ngak ada yang mau bisa jadi 1 dari sejuta.

  11. edi says:

    Sy mau tanya rmh skt yg ekonomis (jkt) ttp agak lumayan pelayanannya utk pasien pasca stroke? thks edi , 08128838363

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s