Cordlife-Kalbefarma: bank Tali Pusar Indonesia

Kalbe.co.id – Mungkin bagi para ibu-ibu yang akan melahirkan, pernah mendengar tawaran penyimpanan tali pusar calon bayinya. Selama ini, secara tak resmi perusahaan penyimpanan / Bank Tali Pusar sudah beroperasi di beberapa rumah sakit terutama rumah-rumah sakit di kota-kota besar di Indonesia. Tidak demikian dengan Cordlife, perusahaan peyimpanan tali pusar asal Singapura. Dengan menggandeng PT Kalbe Farma Tbk, perusahaan ini secara resmi mulai beroperasi di Jakarta. Peresmiannya dilakukan oleh Menteri Kesehatan RI, Ibu Siti Fadillah Supari, yang didampingi oleh Presiden Komisaris PT Kalbe Farma Tbk, dr Boenyamin Setiawan dan CEO GyGenics Group, Mr Steven Fang, Jakarta Sabtu 14 Oktober 2006. Turut hadir Duta Besar Singapura untuk Indonesia beserta undangan lainnya para dokter dan rekan-rekan media massa cetak maupun elektronik.

Sambutan Menteri Kesehatan RI

Dalam sambutannya Menteri Kesehatan RI, Ibu Siti Fadillah Supari menjelaskan bahwa aktifitas pemerintah Singapura mengenai Stem Cell, sudah sejak 8 tahun yang lalu. Ternyata saat Stem Cell sekarang ini mulai booming, pihak Singapura (Pemerintah dan Swasta) sudah benar-benar siap.

Pemerintah Indonesia, pada prinsipnya menyambut baik, pihak Cordlife Singapura untuk sama-sama bekerja dengan pihak Indonesia (dalam hal ini PT Kalbe Farma) mengembangkan industri Stem Cell. Dimulai dari beroperasinya perusahaan join venture Indonesia Singapore, Cordlife Indonesia. Diperkirakan pada awal tahun 2007, di Indonesia sudah akan hadir Bank (tempat penyimpanan) darah tali pusar. Bahan ini (darah tali pusar), sangat diperlukan untuk praktek Stem Cell nantinya.

Stem Cell adalah sel-sel yang paling bernilai dan penting untuk pembentukan sel darah merah, sel darah putih dan platelet. Kelebihan sel induk (stem cell) yang berasal dari darah tali pusar adalah kecil kemungkinan terjadi penolakan oleh jaringan tubuh dan penurunan risiko penularan penyakit pada saat transplantasi.

Bagi ibu-ibu yang akan menyimpan darah tali pusar bayinya, caranya sangat mudah. Beritahukan kepada dokter atau bidan pada saat ibu hamil. Dokter Kandungan akan siap membantu pengambilan darah tali pusar untuk diproses dan disimpan di PT Cordlife Indonesia, Jl. Jend. A. Yani, Pulo Mas, Jakarta Pusat.

Biaya

Dari informasi sekilas (belum resmi), diperoleh keterangan bahwa biaya untuk tahap awal (pengambilan tali pusar, dll., termasuk biaya penyimpanan tahun pertama) adalah sekitar 1.400 Sing$ (atau sekitar 8.120.000 rupiah jika kurs 5.800, lihat Kurs di homepage website Kalbe). Untuk tahun kedua dan seterusnya, biaya penyimpanan tahunannya adalah 250 Sing$ (Rp. 1.450.000).

Para dokter yang ingin mengetahui lebih banyak mengenai Stem Cell, bisa meminta Journal Cermin Dunia Kedokteran edisi 153 mengenai Stem Cell pada Medical Representative terdekat.

Cordlife Indonesia officially Launched, Saturday October 14, 2006

This entry was posted in UMUM and tagged , , . Bookmark the permalink.

13 Responses to Cordlife-Kalbefarma: bank Tali Pusar Indonesia

  1. drnyomanrudi says:

    mohon kirimkan junal tentang stem sel, ke email saya, nyomanrudi@gmail.com. trims.
    hormat saya
    dr nyoman rudi SpOG

  2. Fony says:

    Cara pembayarannya bagaimana?
    Tali pusernya di simpan dimana? singapure or
    Jakarta?
    Prosedurnya bagaimana?
    Berapa lama prosesnya?

  3. Alia Paramita says:

    Dengan hormat,
    Mohon informasinya, saya mempunyai putri berumur 19 bulan yang menderita cerebral palsy level medium dengan kondisi quadreplegia dan spastisitas yg cukup tinggi. Saya pernah membaca di sebuah surat kabar bahwa dgn stem cell ini,dapat membantu kondisi penderita cerebral palsy. Sangat besar harapan kami apabila hal tersebut benar adanya, mohon info mengenai hal tersebut dan apakah ada kantor perwakilan di surabaya yang dapat saya hubungi. Terima kasih sebelumnya

  4. parlin says:

    mohon kirimkan junal tentang stem sel, ke email saya,

  5. umay says:

    Mohon kirim junal ke email saya.. Thanks

  6. umay says:

    Mohon kirim jurnal ke email saya. Makasih

  7. imaniar says:

    kalo mau ada perusahaan malaysia CRYO CORD yang mrpkn stem cell bank..telp 081284303175..regional manger

  8. vina says:

    salam,saya mau tau penyimpanan tali pusat tuh bisa mencegah penyakit apa ajah ya?trs pembayarannya sampai kapan ya?

  9. Desy amalia says:

    Sy memiliki anak dgn retradasi mental ringan menurut dokteer akibat pertumbuhan otak depannya yang terlambat. Skrang sy akan melahirkan pd 1 desember 2010 ini. Apakah sy bisa mendapatkan informasi secepatnya tentang perkembangan teknologi yang memungkinkan tali pusar anakl yang sy kandung dpt menyembuhkan si kakaknya. Apakah ada efek samping dari proses penyembuhan ini?

  10. andry says:

    mohon kirimkan jurnal ke e-mail saya..terima kasih

  11. poppy indriani says:

    Para dokter Yth.

    Saya mohon agar dpt memberikan info dimana saya dapat melaksanakan terapi stemcell diindosnesia atau negara terdekat. karena putri saya 5 tahun kena cp. sampai sekarang belum dpt berjalan mandiri dan bicara.

    sekalian berapa biaya yg hrs dipersiapkan. terima kasih banyak

  12. elkana Pandaja says:

    mohon informasi lebih lanjut tentang stem cell, saya bekerja di RS. Swasta di KUDUS.
    informasi tentang biaya investasi yang harus kami siapkan dan biaya
    sewa di bank tali pusar

    Mohon info via emal

    tks

  13. diana says:

    saya ingin menyumbangkan tali pusar anak saya untuk suami saya yang terkena leukimia kronik. Bagaimana cara dan prosedur dan biayanya. Trimakasih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s