STRETCHING UNTUK GAYA HIDUP SEHAT INSAN PASCA STROKE

STRETCHING UNTUK GAYA HIDUP SEHAT INSAN PASCA STROKE
Barkah Sugiharto, AMF
Fisioterapis Klinik Mandiri Stoke & Neuro Rehabilitasi
Jl. RS. Fatmawati 81 Cilandak Jakarta Selatan
Telp. 021 7504327

Problem pasca stroke yang sering dialami oleh IPS adalah kelemahan otot akibat kerusakan pada otak sebagai pusat motorik tubuh kita. Hal ini akan menyebabkan terjadinya gangguan gerak bahkan mungkin tidak dapat melakukan gerakan sama sekali, Bila ini terjadi pada kurun waktu yang lama maka bisa menimbulkan efek problem berikutnya seperti ; kekakuan sendi , nyeri gerak , pemendekan otot (kontraktur ), pengecilan otot ( atrophy ), bengkak pada jari-jari, gangguan sirkulasi, dan perubahan postur tubuh.

STRETCHING sebagai SOLUSI

STRECHING ( PENGULURAN ) adalah istilah umum yang di gunakan untuk menjelaskan suatu cara terapi dengan tujuan memperpanjang struktur jaringan lunak yang mengalami pemendekan sehingga dapat meningkatkan panjang otot dan Lingkup Gerak Sendi ( Range of Motion ).

Setiap orang dapat mempelajari dan melakukan peregangan tanpa mengindahkan usia atau kelenturan seseorang. Tidak mustahil juga bagi IPS bisa dan mampu melakukan stretching sendiri di rumah. Mulai dari stretching ringan hingga dengan gerakan yang lebih komplek sesuai dengan kapasitas fisik dan kemampuan keseimbangan nya. Stretching bisa dilakukan dimanapun – kapanpun anda mau dan perlu, dan enjoy melakukannya . Semisal ; di taman , di ruang tunggu RS, di mobil, di kamar. Atau dilakukan pada pagi hari sebelum aktifitas, setelah duduk atau berdiri lama, saat anda merasa kaku .

MANFAAT STRETCHING

Pada IPS biasanya lebih cepat merasa kaku pada sendi dan otot-ototnya . Hal ini disebabkan adanya gangguan tonus otot yaitu spastis atau hypertonus . Untuk itu tindakan stretching harus sering dilakukan karena dengan stretching secara teratur maka dapat :

1. mengurangi ketegangan otot
2. menurunkan spastisitas
3. membantu gerakan lebih bebas dan mudah
4. membuat kesadaran / persepsi terhadap tubuh lebih baik
5. meningkatkan lingkup gerak sendi
6. memperbaiki sirkulasi
7. meningkatkan percaya diri
8. badan lebih fit, rileks , dan sehat
9. meningkatkan perhatian terhadap kemampuan fisiknya
10. menjaga posture tubuh

CARA MELAKUKAN STRETCHING

Dalam melakukan stretching ada beberapa hal yang harus diperhatikan untuk menghindari kesalahan dalam melakukan stretching , antara lain ;

1. Tetapkan otot mana yang akan diulur
2. Posisioning yang benar dan rileks
3. Gerakan stretching yang dilakukan memberikan efek regangan dari yang ringan
4. Otot yang teregang terasa sedikit sakit tidak masalah
5. Adaptasikan regangan dengan gerakan berulang-ulang dan pastikan rasa sakit makin turun / hilang
6. lakukan secara teratur
7. Lakukan stretching mulai dari gerakan yang mudah , bila gerakan sulit minta bantuan orang lain

METODE STRETCHING

Metode yang bisa di gunakan oleh IPS untuk melakukan stretching , antara lain ;

1. Passive Stretching
Stretching dengan menggunakan metode ini dilakukan dengan menggunakan tenaga dari luar baik manual atau mekanik. Metode ini sangat cocok untuk IPS yang masih butuh bantuan orang lain dan mempunyai nilai kemandirian kecil. Minta bantuan Fisioterapis untuk memberikan Edukasi tentang stretching yang diperlukan pada anggota keluarga atau tenaga didik khusus untuk stretching.
2. Active Stretching
Metode ini dilakukan oleh IPS itu sendiri secara aktif sesuai dengan kapasitas fisik dan kemampuan keseimbangannya. Keuntungan dengan metode ini akan membuat lebih percaya diri , kreatif, dan memiliki tanggung jawab dan kepedulian tinggi terhadap kapasitas fisiknya

GERAKAN STRETCHING

Saat melakukan gerakan stretching lakukan pemanasan dulu untuk menyiapkan otot yang akan diulur . mulailah dengan gerakan yang sederhana dan mudah dilakukan . Berikut contoh gerakan stretching dengan metode active stretching yang dilakukan oleh Mr. David Sutedja IPS yang mengalami serangan stroke 3 tahun yang lalu dengan Hemiparese Sinistra . , melakukan stretching setiap pagi di Taman di daerah Kelapa Gading.

Gambar 1

Gambar 2

Dengan melakukan stretching yang teratur maka akan memberikan efek yang optimal. Karena dengan bentuk terapi yang sederhana ini anda bisa melakukan dimana dan kapan saja .

Mandiri Development Programme

Barkah Sugiharto, AMF
Fisioterapis Klinik Mandiri Stoke & Neuro Rehabilitasi
Jl. RS. Fatmawati 81 Cilandak Jakarta Selatan
Telp. 021 7504327

This entry was posted in Fisio Terapi. Bookmark the permalink.

14 Responses to STRETCHING UNTUK GAYA HIDUP SEHAT INSAN PASCA STROKE

  1. Maman Sunarman says:

    info ini sangat bermanfaat bagi kami sebegai pekerja sosial. kita sering dimintai buku-2 tentang stroke tapi tidak cukup dana untuk memenuhi kebutuhan mereka yang stroke tapi kurang mampu secara finansial. Saya bisa ngunduh dan berikan kepada yang membutuhkan. makasih bangets…

  2. supriyadi marsan says:

    assalamu alaikum..
    bapak butuh tenaga terapis yg tahu dan faham ttg sirkulasi darah manusia?saya akan dengan sangat bersyukur jika bapak dpt menguji ttg disiplin ilmu yg saya miliki dan metode pembuktian terhdp pasien stroke.belum ada kata terlambat atw tamat jika digunakan cara yg qurani.

    • Dian Ahmad says:

      Ass…..
      Dear Pak Supriyadi Marsan yang baik…
      Apakah bapak punya solusi / saran ttg obat/ pengobatan untuk pasien penderita pasca stroke ?
      Karena orang tua kami pernah mengalami stoke ringan, tapi kebetulan beliau juga menderita diabetes. Sampai saat ini kondisi fisiknya sangat lemah dan fungsi motorik nya juga menurun sangat drastis.

      Kalau ada, mohon info dan sarannya ya Pak…
      sebelumya kami ucapkan Terima kasih.

      Wassalam

  3. d'trie says:

    apakah saya bisa mendapatkan informasi tentang stroke lewat email saya ?
    tks

    • Prasetyo says:

      Sekedar informasi untuk semua, bahwa ada klinik khusus stroke namanya KLINIK MANDIRI STROKE & NEURO REHABILITASI di jalan raya RS Fatmawati no 81. telp 021 7504327. Disini melayani Fisioterapi,Okupasi terapi, Speech theraphy dan konsultasi dokter saraf. Semoga bisa membantu.

  4. guswib says:

    insya Allah, stroke dapat dihindari dengan shalat yang tumakninah, terutama saat sujud usahakan agak lama dikit karena pada saat sujud otak memerlukan pasokan oksigen yang cukup. salah satu penyebab stroke karena kurangnya pasokan oksigen ke otak.
    Kalo ada waktu silakan berkunjung ke blog saya di shalatkhusyu.wordpress.com
    nuwun

    • Basar Purnomo says:

      Ass Wr Wb

      Saya Pria Usia 57 tahun, saya sakit stroke sekitar 5 tahun yang lalu, dan pernah dirawat di selama 14 hari, dan menurut hasil Scanning / ,RI bahwa Stroke saya diakibatkan karenma oksigen tidak dapat masuk ke Otak karena tersumbat adanya kollesterol.
      Kondisi saya sekarang alhadullilah sudah bisa berjalan dan bekerja di Kantor sekitar dua tahun yang lalu. Tetapi kalau berjalan masih pelan2 dan sempoyongan seolah-olah akan terjatuh.
      Saya sekarang masih konsumsi 1 butir tablet setiap hari atas anjuran dokter, dan saya juga sering minum Jus Pace.

      Mohon solusi saya ini masih sempoyongan jika jalan.

  5. Ren says:

    Selamat pagi Pak
    sepertinya saya ada cidera pada bagian otot hamstring apa dengan stretching ini bisa mengembalikanya sampai pulih…….

  6. syehani says:

    ass, ibu saya mengalami stroke pendarahan di sebelah kiri sehingga mengalami cacat disebelah kanan.swtwlah dirawat selama 1 bulan di rspad akhrinya ibu saya diperbolehkan pulang. dan harus terapi obat-obatan selama 1 bulan. yang ingin saya tanyakan ibu saya malah sekarang mengalami gangguan pencernaan, saya kasihan melihat ibu saya susah buang airnya.hal apa yg hrs sy lakukan agar ibu saya bisa BAB secara lancar

  7. syehani says:

    ass, ibu saya mengalami stroke pendarahan di sebelah kiri sehingga mengalami cacat disebelah kanan.swtwlah dirawat selama 1 bulan di rspad akhrinya ibu saya diperbolehkan pulang. dan harus terapi obat-obatan selama 1 bulan. yang ingin saya tanyakan ibu saya malah sekarang mengalami gangguan pencernaan, saya kasihan melihat ibu saya susah buang airnya.hal apa yg hrs sy lakukan agar ibu saya bisa BAB secara lancar.wass

  8. haryadi says:

    mba Syehani rasanya anda satu penderitaan ma saya, ini terjadi pd ayah saya, masalahnya kita benar2 awam mengenai terapi pengobatan pasca stroke, tapi Insya Allah saya akan sharing dengan kawan2 yang mengalami hal yang sama, smoga Allah SWT dengan segala kekuasaaNya merestui

  9. Dian Ahmad says:

    Luar biasa,
    Thanks a lot untuk infonya..
    Ini sangat bermanfaat karena orang tua kami adalah IPS.
    Semoga Bpk Barkah dan tim slalu diberikan kemudahan dalam menjalankan segala tugas dan tg. Jwbnya..
    Oya pak, untuk pola makan dan supplemen yg dapat membantu proses penyembuhan ada gak ya??
    Kalau ada mohon di share ke kita kita ya…
    Terima Kasih….

  10. yeni rasio says:

    suami saya juga kena stroke pada 24 Mei 2011 lalu, pada usia yang relatif muda (35 tahun). penyebabnya juga tidak diketahui pasti (tekanan darah normal, guladarah normal, bukan perokok, kolersterol normal). sempat dirawat di RSPAD selama 23 hari. analisis dokter untuk kasus suami saya, katanya kemungkinan kurang minum (sederhana sekali ya…). Stengah jam setelah kejadian dilakukan MRI dan terdapat perdarahan di otak kiri sebanyak sekira 76cc, sehingga bagian kanan tubuhnya lumpuh total. Saat ini suami saya terus menjalani tusuk jarum dan fisioterapi (senin s.d sabtu) di klinik velda (klinik rehabilitasi stroke), dekat dengan rumah kami di warakas tg.priok. Alhamdulillah sejauh ini–meskipun perlahan tapi pasti–telah ada perubahan yang lumayan baik. Sekarang sudah mulai bisa berjalan (meskipun belum normal) dan kemampuan bicara sekitar 70%. tinggal mengembalikan beberapa memori yang sempat hilang (misalnya beberapa bacaan shalat, dll). Memang dikatakan terapi pasca stroke ini tidak bisa secepat kilat, atau seperti makan cabe: begitu makan langsung terasa pedas. Dari beberapa dokter yang saya temui (baik neurolog, rehab medik, maupun chinese medical doctor yang mengangani akupuntur suami saya) semuanya mengatakan perlu kesabaran untuk “mengembalikan” pasien pada kondisi semula. Most of All, kehendak Allah-lah yang pasti terjadi. Saya berusaha men-support suami agar semangat dan senantiasa berzikir dan agar Allah memberi mu’jizat kesembuhan melalui ikhtiar yang kami jalani…demikian pak, bu, moga-moga ada hikmahnya…salam,yeni

  11. linda says:

    Pada penderita stroke juga dapat digunakan alat bantu atau alat ganti dalam membantu transfer dan ambulasi (berjalan) serta membantu proses rehabilitasi lebih maksimal. Alat-alat tersebut antara lain seperti armsling, hand sling, cock up, elbow splint, ankle foot orthosis (AFO). Untuk memesan alat tersebut anda dapat menghubungi kontak: linda 085716007488

Leave a Reply

