Ketua Umum Yastroki Laksamana TNI (Purn) Sudomo: Stroke Bisa Ganggu Sosial Ekonomi Keluarga

Ketua Umum Yastroki Laksamana TNI (Purn) Sudomo:
Stroke Bisa Ganggu Sosial Ekonomi Keluarga
SAAT ini penyakit stroke tidak hanya menyerang kaum lanjut usia (Lansia), generasi muda pun sudah banyak yang terserang penyakit ini. Untuk mengetahui seberapa jauh masalah penyakit ini, Pelita mewawancarai Ketua Urmun Yayasan Stroke Indonesia (Yastroki), Laksamana TNI (Pur) Sudomo. Berikut petikannya.

Bagaimana perkembangan penderita penyakit stroke di Indonesia sekarang?
Penyakit stroke bisa nienyerang siapa saja tanpa memandang jabatan ataupun tingkatan sosial ekonomi. Dalam dasawarsa terakhir ini sesuai dengan pengamatan dan peninjauan Yayasan Stroke Indonesia (Yastroki) di rumah sakit maupun yang berada dalam masyarakat, terdapat kecenderungan meningkatnya jumlah penyandang stroke di Indonesia. Kecenderung-annya menyerang generasi muda yang masih produktif. Ini akan berdampak terhadap menurunnya tingkat produktifitas serta dapat mengakibatkan terganggunya sosial ekonomi keluarga.
SAAT ini penyakit stroke tidak hanya menyerang kaum. lanjut usia (Lansia), generasi muda pun sudah banyak yang terserang penyakit tnt Untuk mengetahui seberapa jauh masalah penyakit ini, Pelita mewawancarai Ketua Urmun Yayasan Stroke Indonesia (Yastroki), Laksamana TNI (Pur) Sudomo. Berikut petikannya.

Bagaimana perkembangan penderita penyakit stroke di Indonesia sekarang?
Penyakit stroke bisa nienyerang siapa saja tanpa memandang jabatan ataupun tingkatan sosial ekonomi. Dalam dasawarsa terakhir ini sesuai dengan pengamatan dan peninjauan Yayasan Stroke Indonesia (Yastroki) di rumah sakit maupun yang berada dalam masyarakat, terdapat kecenderungan meningkatnya jumlah penyandang stroke di Indonesia. Kecenderung-annya menyerang generasi muda yang masih produktif. Ini akan berdampak terhadap menurunnya tingkat produktifitas serta dapat mengakibatkan terganggunya sosial ekonomi keluarga.

Melihat kenyataan ini, apa yang dilakukan Yastroki?
Sesuai dengan visi dan misi Yastroki yaltu menurunkan insiden stroke di Indonesla telah mencanangkan program untuk mengadakan penanggulangan terhadap terjadinya stroke. Program tersebut dlusahakan melalui penumbuhan-penumbuhan peran serta masyarakat di daerah, antara Jain.dengan membentuk cabang-cabang Yayasan
Stroke Indonesia di beberapa daerah, utamanya di kota-kota besar yang memiliki kecenderungan meningkatnya angka stroke, seperti kota Bandung yang merupakan ibukota provinsi Jawa Barat.
Dengan terbentukiiya cabang Yastroki di daerah, diharapkan penanggulangan stroke dapat ditingkatkan secara efektif keberhasilannya.
Lalu, bagaimana bentuk koordinasinya antara Yastroki Pusat dan Daerah?
Hubungan antara Yastroki Pusat dan Yastroki Cabang bersifat konsultatif timbal balik antara pusat dan daerah dan sebaliknya. Disamping itu, hubungan pusat dan daerah bersifat otonom. Artinya, dalam masalah organisasi masing-masing mempunyai kewe-nangan penuh dalam mengurus rumahtangganya sendiri.
Organisasi mempunyai tugas untuk melaksanakan program-program yang secara keseluruhan mencakup penanggulangan masalah stroke. Adapun program-program yang telah, dilaksanakan Yastroki Pusat, antara lain mencakup bidang sosialisasi kepada masyarakat dalam penanggulangan stroke, dengan mengembangkan Gerakan Peduli Stroke (Gelis) dan Gerakan Peduli dan Akrab Stroke (Gempar).

Bagaimana pula reali-sasi Program Gelis?
Program Gelis dan Gempar ini diarahkan ke lingkungan RT dan RW dengan cara mem-bentuk klub-klub strbke. Klub stoke ini berfungsi sebagai mediator dan motivator untuk menciptakan kesadaran masyarakat agar mengetahui arti, bahaya, dan cara mengatasi dan menyalurkan seseorang apabila terjadi serangan stroke yang mendadak ke tempat peyanan unit-unit stroke di rumah sakit yang ada.
Sedangkan program lain yang telah dicanangkan oleh Yayasan Stroke Indonesia Pusat, yaitu penelitian tentang stroke yang dilaksanakan di rumah-rumah sakit untuk mengetalmi sistem penanganan stroke serta jumlah pasien stroke yang ada. Penelitian dan pengkajian ini bersifat retrospektif.

Apa hubunganya Yastroki dengan Nusantara Stroke medical Center?
Dalam rangka membantu meningkatkan pencegahan dan pelayanan stroke di Indonesia, maka Yastroki Pusat telah berhasil mendorong peran dan partisipasi masyarakat untuk mendirikan Klinik Nusantara Stroke and Medical Center, yang seluruh dananya didukung oleh kelompok masyarakat yang peduli stroke, khususnya dari masyarakat DKI Jakarta.
Gambaran program yang dicanangkan Yastroki Pusat merupakan seluruh tahapan program Yastroki dalam melaksanakan visi dan misinya. Program Yastroki ini berorien-tasi dan berbasis pada kekuatan masyarakat (communtty base development).

Apa saran Anda tcrhadap kaum muda agar tidak terserang stroke?
Guna menghindari semakin meningkatnya angka stroke di usia muda, kaum muda diminta untukberhati-hati dan mengubah pola hidup yang selama ini dijalaninya, Saat ini kecenderungan kelompok risiko terserang stroke di usia muda cukup memprihatinkan, selain karena perubahan pola hidup dan gaya hidup.
Lebih baik menghindari atau tidak merokok, mengkonsumsi makanan empat sehat lima sempuma atau dengan gizi seimbang, dan jangan hidup santai-santai atau tanpa olahraga.
Generasi muda yang perjalanan hidupnya masih panjang, untuk mampu berkiprah dan bersaing dengan sumber daya manusia lain dari luar negeri. Kecacatan yang mereka sandang akibat serangan stroke, bukan hanya menjadi beban keluarga, tapi juga beban masyarakat secara umum.
Oleh karena itu, perlu Sosialisasi kepada masyarakat yang terus menerus, agar dapat menerapkan pola hidup sehat dan sejahtera. Hal itu bisa dilakukan dengan berbagai cara, misalnya melalui berbagai seminar, penyuluhan, dan imbauan melalui media massa.(dew)

This entry was posted in Psikologi Pasca Stroke. Bookmark the permalink.

4 Responses to Ketua Umum Yastroki Laksamana TNI (Purn) Sudomo: Stroke Bisa Ganggu Sosial Ekonomi Keluarga

  1. supriyadi marsan says:

    kalau ada terapi yg bs memulihkan stroke dlm sbln 7x terapi hgg 75% percaya ngak????yg sdh mungkin diantara yg blm mungkin skrg ini.yg sangat aman,prosesnya cepat(max 3 bln)dan anda dpt menghemat harta anda???yg msk akal dan tdk memakai obat2an dan mistik.percaya tidak….terapi islami hanya menggunakan jari-jari tangan saya dan baby oil…percaya tidak…???yg mustahil bs jadi mungkin dgn BI IZDNILLAH!!!!!!!dlm 3 bln anda sdh bisa sehat normal menjlnkan aktivitas baik shalat,jln ,lari,bersepeda,mmnhi kbthan biologis dan dll,seperti sediakala???percaya tidak..! mari ikhtiar dan kita buktikan!!!!!!

  2. supriyadi marsan says:

    jk bpk dan ibu ingin sharing dpt juga hub nomor 081933991355 dan 04313399557.

  3. supriyadi marsan says:

    jika bpk dan ibu ingin merasakan apa yg namanya karunia ALLAH SWT yg skrg sprti tdk ada ,maka jgn putus asa!!!!!saya ttp akan insy Allah ke jakarta hbs lebaran untuk menjlnkan amanah/karunia ilmu kshtan yg diujikan pd saya.memang diberikan pd sy ttp tujuannya untuk manusia selrhnya.

  4. supriyadi marsan says:

    assalamu alaikum…satu hal yg hrs insan pendrt stroke tahu bahwa inti dr stroke itu adlh sirkulasi darah saja,dan tdk dpt dipaksakan dgn obat-obtan krn obat ttp pasif walaupun bersifat panas.krn jk terlalu ekstrim akan berakibat pd kondisi jaringan organ-organ dalam tubuh kita.jd diperlukan terapis yg tahu dan ahli dlm mengstimulasi kembali peredaran dlm tbh kita,semakin cepat usaha pemlhan(usia 4bln pasca trauma fisik)makin besar proses dan peluang utk sehat dan hidup normal(dlm wkt 2bln proses terapi) tentu semata-mata dgn izin Allah swt,dgn metode aman proses cepat dan sangat menghemat harta anda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s